PERMAINAN BOLA BESAR : BOLA VOLI

 

Sejarah Permainan Bola Voli

Permainan bola voli pertama kali muncul Pada tahun 1895 oleh William C. Morgan, seorang direktur YMCA di Holyke, Massachusetts, menemukan sebuah permainan bernama mintonette dalam usahanya memenuhi keinginan para pengusaha lokal yang menganggap permainan bola basket terlalu menghabiskan tenaga dan kurang menyenangkan. Permainan ini cepat menarik perhatian karena hanya membutuhkan sedikit ketrampilan dasar, mudah dikuasai dalam jangka waktu latihan yang singkat, dan dapat dilakukan oleh pemain dengan berbagai tingkat kebugaran.

Permainan aslinya dahulu menggunakan bola yang terbuat dari karet bagian dalam bola basket. Peraturan awalnya membebaskan berapa pun jumlah pemain dalam satu tim. Pada tahun 1896 nama permainan ini diubah oleh Alfred T. Halstead, yang setelah menyaksikan permainan ini, menganggap bahwa bola voli lebih sesuai menjadi nama permainan ini mengingat ciri permainan ini yang dimainkan dengan melambungkan bola sebelum bola tersebut menyentuh tanah (volleying).

Penghitungan angka

Aturan permainan dari bola voli adalah:
1. Jika pihak musuh bisa memasukkan bola ke dalam daerah kita maka kita kehilangan bola dan musuh mendapatkan nilai
2. Serve yang kita lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah musuh. Jika tidak, maka musuh pun akan mendapat nilai

Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah berukuran 9 meter x 18 meter. Ukuran tinggi net putra 2.43 meter dan untuk net putri 2.24 meter. Garis batas penyerangan untuk pemain belakang, jarak 3 meter dari garis tengah ( sejajar dengan net ). Untuk ukuran garis tepi lapangan adalah 5 cm.

 

Permainan bola voli diciptakan oleh William C. Morgan tahun 1895. bola voli dikenal di Indonesian melalui orang-orang Belanda yang bertugas sebagai guru di Hogere burger School.

Pada tahun 1948, berdirilah organisasi bola voli dunia yang dinamai FIVB (Federation Internationale de VolleyBall). Di Indonesia, organisasi bola voli diberi nama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. (PBSI) yang berdiri pada tahun 1955.

1.   Pengertian Bola Voli

    Permainan bola voli adalah jenis permainan bola tangan yang dimainkan dengan cara memukul atau memantulkan bola kearah lawan, sedangkan pihak lawan berusaha untuk mempertahankan agar bola tidak jatuh ke tanah. Tujuan permainan bola voliadalah memperagakan teknik dan taktik memainkan bola di lapangan untuk meraih kemenangan.

2.   Perlengkapan Permainan

n Berikut ini beberapa perlengkapan permainan bola voli.

a.    Bola Voli

n Bola voli dibuat dari bahan kulit. Bola voli memiliki keliling 65 – 67 cm dengan berat 200 – 280 gram dan tekanan 294,3 – 318,82 hpa.

b. Lapangan

§ Lapangan bola voli memiliki ukuran panjang 18 m dan lebar 9 m. di tengah lapangan diberi net yang membagi lapangan menjadi dua sama panjang. Net pada permainan bola voli terdiri dari jaring dan antena.

c.   Perlengkapan Pemain

Perlengkapan pemain terdiri atas baju, celana pendek, dan sepatu olahraga. Nomor pemain terletak di bagian belakang dan bernomor 1- 18. sepatu harus ringan dan lentur dengan sol dari karet atau kulit tanpa hak.

3.   Peraturan Permainan Bola Voli

a.Permainan bola voli dimainkan oleh dua tim,masing-masing terdiri dari enam orang. Setiap regu berhak untuk mendaftarkan satu pemain khusus bertahan yang disebut libero. Penggantian pemain diperbolehkan sebanyak enam kali.

b.    Perolehan Angka

      Satu set dimenangkan oleh regu yang lebih dahulu mendapat angka 25, kecuali pada set penentuan atau set ke-5. Apabila terjadi jus (deuce) pada skor pertandingan 24 : 24 maka permainan dilanjutkan sampi kedua regu mendapat selisih dua angka.

4.   Teknik-teknik Bola Voli

n   Servis (service)

n   Servis bawah

     Servis bawah dilakukan dengan cara berdiri di belakang garis servis, dengan kaki kiri berada lebih kedepan daripada kaki kanan. Bola dipegang dengan tangan kiri, bola dilambungkan ke atas tidak terlalu tinggi dan pada saat itu tangan kanan ditarik kebelakang punggung. Setelah bola yang dilambungkan berada didepan kira-kira setinggi pinggang segera tangan kanan diayunkan ke arah depan agak ke atas untuk memukul bola.

2.Servis atas

    servis atas dilakukan dengan cara berdiri di belakang garis servis dengan kaki kangkang atau kaki kiri didepan. Bola dipegang dengan tangan kanan,tangan kiri memegang bola bagian atas. Lambungkan bola keatas 50 cm diatas kepala,tangan kanan ditarik ke belakang atas kepala. Ketikan posisi bola berada sejankauan tangan,segera bola dipukul dengan telapak tangan .

b.   Passing

l   Passing bawah

     passing bawah dilakukan berdiri kangkang,kaki sejajar atau berdiri dengan salah satu kaki kedepan,lutut agak ditekuk. Kedua ujung tangan disatukan,lengan diputar kedalam hingga menjadi bidang yang rata untuk menerima bola. Pada saat tangan akan kontak dengan bola, tangan dan lengan diturunkan terjulur lurus ke bawah depan, siku lurus. Perkenaan bola dipergelangan tangan.

b. Passing atas

   passing atas dilakukan dengan cara berdiri kangkang kaki sejajar atau berdiri dengan salah satu kaki di depan kaki lainnya, lutut agak ditekuk. Kedua tangan siap berada didepan dada dengan siku ditekuk. Jari-jari tangan direnggangkan, ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga, dan perkenaan bola pada bagian dalam atas jari-jari.

Your Slideshow Title Slideshow: Radenmas’s trip to Semarang, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Semarang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.
Lomba Bola Voli Guru se-Kota Semarang Slideshow: Radenmas’s trip to Semarang, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Semarang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

Photo Gallery: Bola Voli

1 | 2 | 3 | 4 | 5 >>
Bola Voli Slideshow: MGMP’s trip to Semarang, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Semarang slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.