PERMAINAN BOLA BESAR : SEPAK BOLA

 

SEJARAH SEPAK BOLA

Asal muasal sejarah munculnya olahraga sepak bola masih mengundang perdebatan. Beberapa dokumen menjelaskan bahwa sepak bola lahir sejak masa Romawi, sebagian lagi menjelaskan sepak bola berasal dari tiongkok. FIFA sebagai badan sepak bola dunia secara resmi menyatakan bahwa sepak bola lahir dari daratan Cina yaitu berawal dari permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM. Olah raga ini saat itu dikenal dengan sebutan “tsu chu “.

Dalam salah satu dokumen militer menyebutkan, pada tahun 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, masyarakat Cina telah memainkan bola yang disebut tsu chu. Tsu sendiri artinya “menerjang bola dengan kaki”. sedangkan chu, berarti “bola dari kulit dan ada isinya”. Permainan bola saat itu menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang, dengan aturan menendang dan menggiring dan memasukkanya ke sebuah jaring yang dibentangkan diantara dua tiang.

Versi sejarah kuno tentang sepak bola yang lain datangnya dari negeri Jepang, sejak abad ke-8, masyarakat disana telah mengenal permainan bola. Masyarakat disana menyebutnya dengan: Kemari. Sedangkan bola yang dipergunakan adalah kulit kijang namun ditengahnya sudah lubang dan berisi udara.

Menurut Bill Muray, salah seorang sejarahwan sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, permainan sepak bola sudah dikenal sejak awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.

Sisi sejarah yang lain adalah di Yunani Purba juga mengenal sebuah permainan yang disebut episcuro, tidak lain adalah permainan menggunakan bola. Bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkannya dengan pahanya.

Sejarah sepak bola modern dan telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak, asal muasalnya dari Inggris, yang dimainkan pada pertengahan abad ke-19 pada sekolah-sekolah. Tahun 1857 beridiri klub sepak bola pertama di dunia, yaitu: Sheffield Football Club. Klub ini adalah asosiasi sekolah yang menekuni permainan sepak bola.

Pada tahun 1863, berdiri asosiasi sepak bola Inggris, yang bernama Football Association (FA). Badan ini yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, dan enak untuk dinikmati penonton.

Selanjutnya tahun 1886 terbentuk lagi badan yang mengeluarkan peraturan sepak bola modern se dunia, yaitu: International Football Association Board (IFAB). IFAB dibentuk oleh FA Inggris dengan Scottish Football Association, Football Association of Wales, dan Irish Football Association di Manchester, Inggris.

Sejarah sepak bola semakin teruji hingga saat ini IFAB merupakan badan yang mengeluarkan berbagai peraturan pada permainan sepak bola, baik tentang teknik permainan, syarat dan tugas wasit, bahkan sampai transfer perpindahan pemain.

     

Sejarah Sepak Bola Indonesia

sejarah sepak bola indonesia PSSI

Sejarah Sepak Bola Indonesia menjadi keinginan banyak pihak untuk dibakukan sehingga publik mendapatkan informasi yang jelas, utuh, dan ilmiah. Kalau sejarah kerajaan besar di Nusantara saja dapat teridentifikasi, tapi mengapa sepak bola Indoonesia tidak juga ada kejelasan? Sayang sampai sekarang hal ini masih menjadi misteri yang tak terungkapkan.

Untuk memaparkan dan mengungkapkan sejarah Sepak Bola Indonesia di shalimow.com dilakukan dengan pencarian dengan mesin pencarianpun tak kunjung mendapat sajian informasi yang memadai. Demikian juga dengan menelusurinya melalui pustaka, mulai dari took buku sampai toko buku bekas di kawasan Senin, Jakarta tak kunjung jua mendapatkan informasi penting juga.

Sempat terfikir oleh aku bahwa jangan-jangan memang belum ada satupun dokumen yang validitasnya kuat yang mengungkap Sejarah Sepak Bola Indonesia. Atau paling tidak hasil penelitian sejarah mengenai Sejarah Sepak Bola Indonesia oleh para sejarahwan, dst. Dan ketika menuliskan artikel ini saya semakin yakin akan dugaan bahwa Sejarah lahirnya Sepak Bola Indonesia memang belum ada.

Kesulitan yang pasti terjadi adalah tidak ditemukanya dokumen sejarah seperti lazimnya peninggalan purbakala yang berupa candi, tulisan di daun lontar, alat-alat, dll. Mungkin juga karena olahraga sepakbola dianggap sebagai aktifitas sosial yang kurang penting sehingga tidak terdokumentasikan dengan baik oleh nenek moyang kita. Agak berbeda dengan beberapa peninggalan sejarah Romawi dan Eropa ynag menemukan akan aktifitas sepak bola.

Hal yang sama juga terjadi pada pencarian mengenai sejarah munculnya olahraga sepak bola dimuka bumi ini yang masih juga mengundang perdebatan. Beberapa dokumen sejarah dunia menjelaskan bahwa sepak bola lahir sejak masa Romawi, sebagian lagi menjelaskan sepak bola berasal dari negeri Tiongkok, dst.

Disisi lain Bill Muray, seorang sejarahwan sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, menjelaskan bahwa permainan sepak bola sudah dikenal sejak awal Masehi, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.
Menurut pendapat saya benang kusut tentang sejarah sepakbola Indonesia bisa mulai diurai dengan meneliti dokumen sejarah Indonesia yang ada di negeri Belanda. Menurut analisa saya sejarah olahraga sepakbola ini diawali oleh pendatang dari luar negeri, bukan dari Indonesia asli. Jadi beberapa kemungkinannya adalah:

  1. Para pedagang dari negeri Tiongkok sekitar abad 7 M yang mulai masuk wilayah nusantara khususnya diwilayah kerajaan Sriwijaya. Seperti diketahui permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM sudah mengenal olah raga sejenis sepak bola yang dikenal dengan sebutan “tsu chu “.
  2. Dibawa masuk ke Indonesia oleh para pedagang dari negeri Belanda, kalau mereka awal masuknya ke Indonesia sekitar tahun 1602 M maka sepakbola lahir dari perkembangan aktifitas dagang mereka di Indonesia.

Kedua kemungkinan lahirnya sejarah sepakbola diatas dapat menjadi kebenaran atau pula menjadi kesalahan, namun tidak ada yang boleh menjustifikasi kedua hal tersebut kecuali atas dasar fakta sejarah yang kuat. Disinilah letaknya urgensi dilakukanya penelusuran sejarah sepak bola nasional Indonesia.

Kita semua berharap pemerintah melalui kementrian pemuda dan olahraga dapat juga memperhatikan akan hal ini sehingga sejarah olahraga nasional tidak kehilangan obor. Beberapa seminar sejarah atau penelitian tentang hal ini mungkin sangat urgen untuk dilakukan sehingga memberikan beberapa titik awal kejelasan sejarah lahirnya sepakbola nasional.

 

Di Indonesia, sepak bola merupakan permainan yang sangat digemari dan juga olahraga nasional karena maju mundurnya selalu mendapat sorotan yang tajam dari masyarakat. Pada tahun 1930, berdirilah induk organisasi sepak bola Indonesia yaitu PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) di Yogyakarta dengan ketua umum Ir. Soeratin. PSSI resmi menjadi anggota FIFA ( Federation Internasionale de Football Association), organisasi sepak bola dunia, tahun 1952.

 

     1. Pengertian Sepak Bola

    Sepak bola adalah olahraga permainan yang dilakukan oleh dua tim berlawanan di atas lapangan berbentuk persegi empat dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan. Para pemain dapat dapat menggunakan seluruh bagian tubuh, kecuali tangan, dalam permainan ini. Pemain menggunakan kaki untuk menendang, menggiring, mengoper, dan menahan bola. Satu-satunya pemain yang boleh memegang bola dengan tangan adalah penjaga gawang.

 

2.    PERLENGKAPAN PERMAINAN    

 

   Perlengkapan permainan sepak bola meliputi bola sepak, lapangan, dan perlengkapan permainan.

a.   Bola Sepak

        bola yang digunakan dalam permainan sepak bola memiliki ketentuan sebagai berikut :

§   Berbentuk bulat

§   Terbuat dari kulit atau jenis lainnya yang sesuai

§   Garis lingkar bola tidak lebih dari 70 cm, minimal 68 cm

§   Berat tidak lebih dari 450 gram dan tidak kurang dari 410 gram pada saat pertandingan dimulai

§   Tekanan bola antara 0,6 – 1,1 atmosfer (600 – 1100 g/cm)

b.   Lapangan

           lapangan sepak bola berbentuk empat persegi panjang dan tertutup dengan rumput pendek tetapi rapat panjang lapangan 100 m – 110 m dan lebar 64 m – 75 m. daerah di luar lapangan, sekitar 4 m dari garis luar lapangan, tidak diperbolehkan untuk penonton.

§    Tanda perbatasan

           garis – garis batas dari kapur putih harus jelas dengan lebar 12 cm. bendera sudut dibuat dari kain yang mudah dilihat. Tinggi tiang bendera tidak boleh kurang dari 1,5 meter.

§    Daerah gawang

           daerah gawang adalah daerah sekitar gawang tempat penjaga gawang boleh memegang bola. Daerah ini berada di depan gawang dengan jarak 5,5 m dari tiang gawang ke arah sudut lapangan.

§    Daerah tendangan hukuman

           daerah tendangan hukuman berada disekitar gawang dengan jarak 16,5 m dari tiang gawang.

§    Gawang

           tinggi gawang 2,44 m diukur dari tanah, lebar gawang 7,32 m.

c.    Perlengkapan pemain

    Setiap pemain harus mengenakan kaus, celana pendek, kaus kaki, pelindung tulang kering, dan sepatu yang sesuai. Pelindung tulang kering wajib digunakan saat pertandingan dan latihan untuk mencegah cidera. Kaus kaki hendaknya menutupi seluruh pelindung tulang kering.

3.   Peraturan Permainan Sepak Bola  

   Peraturan dan hukum sepak bola telahditentukan dan diterbitkan oleh FIFA. Berikut ini adalah beberapa contoh peraturan permainan sepak bola

            Jumlah pemain

        Berikut ini peraturan tentang jumlah pemain sepak bola.

§   Pertandingan dimainkan oleh dua regu yang masing – masing terdiri atas 11 pemain.

§   Pergantian pemain maksimal 3 orang dalam suatu permainan.

§   Dalam pertandingan lain, pergantian dapat dilakukan sampai 5 orang pemain.

§   Pemain dapat bertukar posisi dengan penjaga gawang,asalkan mendapat persetujuan wasit sewaktu pertandingan sedang berhenti atau bola mati.

b.   Lama Waktu pertandingan

      Pertandingan berlangsung 2 x 45 menit diselingi waktu istirahat 15 menit. Lama waktu pertandingan tidak dihitung dalam kasus berikut ini.

§   Pergantian pemain

§   Pemain cidera dan harus dibawa ke luar lapangan

§   Kasus lainnya.

c.  Bola di Dalam dan di Luar Lapangan

   Bola dianggap keluar dan menghentikan pertandingan bila melintas garis batas baik di tanah maupun saat melayang di udara. Permainan dihentikan oleh wasit.

d.   Bola Masuk atau Tidak Masuk Gawang

   Bola masuk ke gawang jika telah melewati garis batas gawang. Bola yang masih berada di garis batas gawang dinyatakan tidak masuk gawang.

e.    Offside

   Offside terjadi ketika seorang pemain mengoperkan bola ke arah pemain satu tim tanpa ada lebih dari satu pemain lawan yang berada diantara pemain penerima operan dan gawang lawan. Offside dinilai saat bola ditendang, bukan saat diterima.

f.   Tendangan Penalti

    Tendangan penalti diberikan ketika tim bertahan melakukan pelanggaran yang menyebabkan pemberian hukuman berupa tendangan langsung di dalam kotak pinalti. Semua pemain, kecuali penjaga gawang dan penendang, harus berada di luar kotak pinalti sekurang-kurangnya 9-15 mdari titik penalti. Penjaga gawang harus berdiri di garis gawang sampai bola ditendang.

g.    Hukuman Pemain     

    Kartu kuning atau kartu merah bisa dikeluarkan oleh wasit jika pemain bertindak kasar, melakukan kesalahan serius, atau menggunakan bahasa kasar. Kartu kuning adalah sebagai tanda peringatan dan kartu merah adalah pengeluaran pemain dari pertandingan.

h.   Lemparan Ke dalam (Thtow in)

   Lemparan ke dalam digunakan untuk memulai lagi permainan setelah bola keluar melewati garis pinggir. Lemparan ke dalam dilakukan dari titik tempat bola melintasi garis oleh tim yang tidak menendang bola melewati garis pinggir.

4. Teknik-Teknik Dasar Sepak Bola

n   Sebelum mempelajari teknik bermain bola, terlebih dahulu kalian harus mengenal sifat-sifat bola.

n   Menggulir-gulirkan bola di tempat, ke depan dan belakang,menggunakan kaki dengan sol sepatu dan kaki lainnya berada di tanah.

n   Menggulir-gulirkan bola dengan berjalan atau berlari.

n   Menimang-nimang bola dengan kura-kura kaki penuh.

n   Menimang-nimang bola dengan paha.